Kontrol ke Dr Dwi dan Dr Puji

Hari Rabu kemaren kami membawa Joan untuk kontrol ke Dr Dwi dan Dr Puji. Sebenarnya hanya janjian dengan Dr Dwi, tapi krn sekalian ke RS Thamrin, kami kontrol ke Dr Puji juga.

Pertama ketemu Dr Puji. Dia memperhatikan perkembangan fisik Joan. Masih ada bbrp refleks bayi yang harusnya sudah hilang, tapi ternyata masih ada. Kakinya juga agak spastis, jadi kami diminta mulai fisioterapi lagi secepatnya, tentu saja dengan persetujuan Dr Dwi. Ada juga perkembangan dari Joan yang dia lihat, misalnya kalau ditelungkupkan sudah mulai mengangkat kepala dan menggerakkan ke kiri ke kanan. Tapi, Joan masih belum bisa miring dan telungkup sendiri.

Kami diajarin sedikit gerakan2 yg harus dilakukan untuk melatih Joan di rumah. Terutama untuk memastikan punggung nya tidak melengkung ke arah yg salah. Jadi posisi gendong dan duduk juga diajarin.

Ketemu Dr Dwi, tidak banyak sih yg dibicarakan, hanya melihat hasil test saja. Test mata, tidak ada masalah di mata, tapi dia belum bisa melihat karena memang otaknya belum bisa memproses sinyal2 yg datang. Test telinga (BERA), juga tidak normal, tapi bukan total tidak mendengar. Telinga kanan bisa mendengar 80dB ke atas, telinga kiri 40dB ke atas. Yang normal sih seharusnya bisa mendengar 20dB ke atas.

Dr Dwi bilang sih dengan perkembangan otak, kemampuan mata dan telinga ini juga akan meningkat. Jadi, kita konsentrasi supaya otak Joan bisa berkembang semaksimal mungkin.

Kami akan kontrol lagi ke Dr Dwi 3 minggu lagi, sekalian untuk imunisasi.