Berkat Tuhan mari hitunglah …: Joan 7 bulan

Tanggal 22 Februari kemaren, umur Joan udah 7 bulan. Kebetulan sama harinya dengan Anniversary Papa dan Mama Eva dan mereka ada di Jakarta, jadi kami rayakan sama2 di rumah.

Ada beberapa perubahan dari sejak umur 6 bulan. Fisioterapis Joan sekarang nambah 1 orang lagi, Pak Rahmat. Menurut kami sih dia terapi nya bagus, terutama dalam hal pijatan dan mengarahkan gerakan2 Joan. Misalnya, dia konsentrasi ke leher Joan krn Joan lebih sering melihat ke kanan. Trus juga memastikan bahwa tangan Joan nggak kaku (spastis), jadi diberikan gerakan2 plus pijatan2. Kaki juga. Joan juga dibantu ngeluarin dahak (slime) dari dadanya, pake inhalasi ditambah pijatan2. Jadi, memang pendekatannya beda dengan Mbak Diah. Kalo Mbak Diah, lebih ke arah ngajarin Joan untuk gerakan2, misalnya duduk, berguling, telungkup, merangkak, dll. Jadinya sekarang kami pake dua2nya. Mbak Diah untuk Senin dan Jumat, Pak Rahmat untuk Selasa-Kamis-Sabtu.

Dari sisi medis, tidak banyak perubahan. Joan agak sering bersin, tapi ngga sampe sakit. Obatnya masih tetap Nootropil dan Nutrilin, tapi dosis Nootropil nya digedein. Imunisasi juga jalan terus. Bulan depan, Joan bakalan CT-Scan lagi, untuk ngeliat perkembangan otaknya. Tolong di doakan ya, soalnya ukuran kepala Joan sendiri ngga terlalu banyak nambahnya, jadi kami sangat berharap ukuran otaknya yg bisa berkembang di dalam.

Kalo makanan sih, ngga ada masalah. Berat badan Joan cenderung stabil, sekarang udah 8 kg. Agak gendut malahan =) Makanannya udah mulai variasi. Untuk buah, kami kasih pisang, jeruk, dan alpukat. Diganti2 aja kombinasinya. Kadang2 juga bisa dapet pepaya, kalo kami dapet pepaya yg bagus. Buburnya kami kasih yg instan, tim ayam dan gandum madu. Ini juga dia suka. Kami coba juga biskuit susu kacang ijo, tapi kayaknya dia agak ngga suka, soalnya mukanya langsung kecut waktu dikasih =)

Susu Joan dianjurkan Dr Dwi untuk ganti ke Morinaga Chil-Mill Platinum, soalnya ada kandungan tambahan sekalin AHA dan DHA. Susu Joan yg sekarang sih Enfamil A+. Jadi sekarang kami pelan2 nyoba ngasih susu yg baru, sambil ngabisin susu yg lama. Dot yg dipake juga udah mulai make yg untuk anak 6 bulan ke atas.

Secara umum, Joan udah mulai stabil negakin kepala, tapi belum benar2 stabil. Duduk juga masih dipegangin, tapi kayaknya dia suka kalo duduk. Dia juga udah mulai senyum2 waktu mandi, apalagi kalo tangan atau kakinya kami gerak2kan cipak-cipak di air. Oh ya, Joan juga udah kami bawa berenang di kolam renang. Aku pegangin di air, jadi kaki dan tangannya bisa bebas bergerak. Awal2nya sih biasanya nangis, soalnya kaget krn airnya dingin. Tapi lama2 dia diam juga, dan mulai gerakin kaki-tangannya. Kami bakalan sering2 coba bawa berenang, sekalian hydroteraphy =)

Sesuai judulnya, memang kali ini aku mau nunjukin kalo kita bisa kok ngitung satu satu berkat Tuhan untuk keluarga kami, terutama untuk Joan. Kami coba untuk ngga meliat Joan dari apa yg dia belum bisa, tapi dari apa yg sudah dia bisa dan apa perkembangan yg dia dapat dibandingkan bulan lalu. Berkat Tuhan ini banyak sekali kalau kita hitung satu persatu. Tuhan memang sedang mengajarkan aku dan Eva untuk bisa bersyukur untuk hal2 kecil, yg kalo digabungnya jadi hal yg besar untuk keluarga kami.

Jadi, jangan lupa doain kami terus ya. God Bless Us!